tempat wisata di jakarta

8 Tempat Wisata di Jakarta Terkenal dan Bersejarah

Posted on

Tak akan pernah habis membahas Kota Jakarta. Sebuah Ibukota metropolitan dengan berbagai cerita suka dan duka ini memiliki ribuan destinasi tempat wisata.

Beberapa diantaranya merupakan tempat wisata di Jakarta terkenal dan bersejarah, berikut penjelasannya.

Berikut adalah destinasi Wisata Jakarta Terkenal dan Bersejarah yang Harus Anda Kunjungi

1. Monumen Nasional (Monas)

Ikon-nya Kota Jakarta, ya Anda dikatakan belum pernah ke Jakarta jika belum berfoto dengan latar belakang Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas.

Monumen ini menyimpan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam melawan penjajah. Dibangun oleh Presiden Soekarno dan memiliki tinggi sekitar 32 meter.

Terledak pada lokasi yang strategis, Anda dapat pergi berkunjung ke Monas hanya dengan menggunakan Trans Jakarta atau KRL. Dalam monas terdapat lift yang bisa membawa Anda menuju puncaknya.

Anda dapat mengunjungi Monas mulai dari pukul 08.00-22.00 pada weekdays dan pukul 08.00-00.00 pada weekends. 

2. Taman Mini Indonesia Indah

Destinasi tempat wisata Jakarta terkenal lainnya adalah TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Wisata paket komplit yang menghadirkan berbagai wahana dalam satu kompleks membuat wisata satu ini tak pernah mati.

Berbagai macam wisata seperti Anjungan Daerah, Teater Keong Mas, Kolam Renang Snowbay, Taman Among Puro, Taman Ria Atmaja, Bioskop 4D hingga Kereta Gantung dapat Anda temui di sini.

Berlokasi di Jakarta Timur dan beroperasi mulai dari pukul 07.00-22.00 membuat Anda dapat berkunjung dengan puas di TMII.

Harga tiket Rp10.000 untuk masuk kawasan TMII tidak termasuk tiket ke wahana-wahana lain. Ya Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk bisa mengunjungi semua objek wisata di TMII ini.

3. Museum Nasional Indonesia

Tempat wisata Jakarta terkenal dan bersejarah lainnya yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Nasional Indonesia.

Terletak di Jakarta Pusat, museum ini menyimpan berbagai koleksi arca, prasasti, senjata tradisional, tekstil, gerabah, hasil pengalian arkeologis, hingga manuskrip dan berbagai benda bersejarah lainnya.

Cocok bagi Anda yang ingin belajar sejarah dengan lengkap. Tak hanya sekedar bangunan yang menimpan sejarah saja, di Museum Nasional Indonesia ini mengadakan acara edukasi rutin setiap akhir pekan.

Seperti belajar membatik dan menari tradisional, atau hanya sekedar menonton pertunjukan tari dan dongeng.

Museum yang mendapat gelar museum terbesar se-Asia ini memiliki nama lain Museum Gajah. Nama tersebut didapat karena ada patung gajah di halaman museum.

Berbeda dengan taman gajah yah. Jika taman gajah yang asli ada di Lampung. Nah bagi Anda yang ingin wisata ke Lampung, kami menyediakan travel Jakarta Lampung murah dan terbaik.

4. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah merupakan nama lain dari Museum Sejarah Jakarta yang berdiri pada tahun 1712. Museum ini menyimpan berbagai benda kuno peninggalan Kerajaaan Tarumanegara dan Kerajaan Pajajaran.

Beroperasi mulai dari pukul 09.00-17.00 museum ini juga sering disewa untuk foto prewedding karena memiliki desain dan arsitektur yang unik.

Museum ini dikelola dengan apik sehingga selalu mengadakan kegiatan edukasi sejarah dan budaya tiap akhir pekan.

Kegiatan yang biasa dilakukan di museum ini adalah seminar sejarah museum, program kesenian nusantara, rekontruksi sejarah dan masih banyak yang lain.

Tertarik menyaksikan? Langsung datang ke Museum Sejarah Jakarta yang terletak di Kawasan Kota Tua. 

5. Museum Wayang

Tak hanya Museum Fatahilla saja, ada museum lain yang masih berada di kawasan Kota Tua yaitu Museum Wayang.

Seperti namanya, museum ini khusus menyimpan berbagai jenis wayang tak hanya dari wilayah Indonesia namun dari berbagai negara lain seperti Malaysia, Cina, India, Vietnam, Thailand dan Kamboja. 

Museum ini juga menyajikan beberapa kegiatan yang dapat menambah wawasan pengunjung tentang wayang.

Kegiatan tersebut berupa menyaksikan teater tentang cerita wayang hingga mengadakan kursus membuat wayang.

6. Masjid Istiqlal

Masjid terbesar di Asia tenggara dan masjid yang menjadi ikon Kota Jakarta ini terletak tidak jauh dari Istana Negara. Diresmikan pada tahun 1978 masjid ini merupakan masjid nasional yang dibangun dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia. 

Mampu menampung kurang lebih 200.000 jemaat, masjid ini juga sering dijadikan objek fotografi nasional dan internasional karena memiliki arsitektur yang sangat hebat.

Merupakan tempat ibadah Agama Islam, Masjid Istiqlal dibuka 24 jam non stop. 

7. Gereja Katedral Jakarta

Gereja Katedral merupakan gereja tempat ibadah Agama Katolik. Memiliki desain ala Eropa, membuat bagunan gereja ini sangat indah dan unik.

Selain sebagai tempat ibadah, gereja ini dibuka bagi siapa saja yang ingin menyaksikan keindahan bagunan dengan syarat tidak merusak properti yang ada. Berwisata sambil belajar tentang sejarah Agama Katolik, datang dan berkunjung ke Gereja Katedral Jakarta.

8. Kelenteng Jin De Yuan

Dibangun pada tahun 1650, Kelenteng Jin De Yuan menjadi kelenteng tertua di Indonesia.

Menjadi sebuah warisan kekayaan Tionghoa di Indonesia, kelenteng ini beroperasi sebagai tempat ibadah, wisata bersejarah, dan edukasi penyebaran etnik dan Agama Tionghoa di Indonesia. 

Seperti tempat ibadah lainnya yang tidak mematok harga tiket masuk. Namun Anda diwajibkan untuk menghormati dan tidak menganggu segala bentuk ibadah yang dilakukan di Kelenteng ini. Selain itu Anda tidak boleh merusak properti apapun dikelenteng ini.

Berwisata tak hanya sekedar untuk bersenang-senang saja. Berwisata sekaligus belajar sejarah lebih bermanfaat dan mengangumkan. Ayo berkunjung ke tempat wisata Jakarta terkenal dan bersejarah lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *