cara ke lampung dari jakarta

Mau Liburan? Ini Dia Cara ke Lampung dari Jakarta

Posted on

Cara ke Bandar Lampung dari Jakarta – Liburan sebentar lagi nih, Anda pasti tidak ingin melewatkan kesempatan ini hanya dengan diam di rumah kan?

Hal paling asyik yang bisa Anda lakukan adalah berlibur ke Bandar Lampung dengan pemandangan yang tak kalah indah dari wisata luar negeri.

Namun permasalahannya Anda masih bingung bagaimana cara ke Bandar Lampung dari Jakarta? Simak pembahasan ini ya.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya Jakarta-Lampung hampir sama dengan Jakarta-Cirebon. Berjarak 224 km. Namun, karena dipisahkan oleh Selat Sunda membuat perjalanannya terasa lebih lama.

Anda bisa memilih salah satu cara ke Bandar Lampung dari Jakarta dari beberapa alternatif di bawah ini.

1. Cara ke Lampung dengan Jasa Travel

Pertama, Anda bisa menggunakan travel yang menyediakan rute dari Jakarta dan sekitarnya menuju Bandar Lampung.

Untuk biayanya, Anda diharuskan membayar Rp. 250.000- Rp. 300.000. Bervariasi, tergantung dari mana Anda berangkat, dengan jadwal keberangkatan pukul 09.00-21.00.

Anda bisa memesan travel Jakarta Lampung dengan kami di Greentranz Travel. Travel kami menyediakan fasilitas dan lengkap. Ada Toyota Kijang Innova Reborn, Toyota Hiace, Big Bus dan Suzuki Elf.

Untuk rutenya sendiri, karena travel maka biasanya menjemput penumpang lainnya. Rutenya dimulai dari Jakarta kemudian menuju Depok, Tangerang, lalu sampai ke Bakauheni.

Di sini, Anda tetap bisa berada di dalam travel apabila tujuannya adalah Bandar Lampung, Pringsewu, Metro, Kaliandra, Panjang, Kotabumi dan Bandar Jaya.

Rekomendasi liburan Wisata Pantai di Lampung.

2. Jakarta ke Lampung Naik Pesawat

Kedua, Anda bisa menggunakan jalur udara. Anda bisa menggunakan salah satu maskapai yaitu Merpati, Batavia, Garuda, Sriwijaya dan Lion Air. Masing-masing mempunyai jadwal keberangkatan yang berbeda. Jika Anda menggunakan merpati, maka akan berangkat pada pukul 08.00 dan sampai pada pukul 09.15.

Sedangkan jika Anda menggunakan Sriwijaya, jadwal keberangkatannya lebih beragam. Yaitu 07.00, 09,40. 13.30 dan 16.30. Lion air, adalah pukul 17.10 dan 20.05. Sedangkan Garuda Indonesia tersedia pada pukul 06.00, 08.55, 12.50, 15.25 dan 17.25.

Untuk harganya sangat bervariasi. Tergantung kebijakan masing-masing maskapai, yaitu mulai dari Rp. 250.000 dan tidak perlu melakukan transit.

3. Cara ke Lampung Naik Kereta Api dari Jakarta

Perjalanan menggunakan kereta hanya bisa dilakukan sampai merak saja. Anda bisa memulainya dari Stasiun Tanah Abang dengan menaiki KRL tujuan Rangkasbitung.

Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam dengan tarif Rp. 8.000. Jadwal keberangkatannya, Anda bisa melihatnya di website KRL.

Setelah itu, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Merak dengan KA lokal MERAK. Untuk membelinya, bisa melalui online di aplikasi KAI access. Dengan waktu tempuh selama 2 jam, harganya Rp. 3.000, wow murah sekali kan?

Setelah sampai di Merak, Anda langsung menuju ke petugas pelabuhan untuk membeli tiket penyeberangan. Rp 15.000 untuk orang dewasa dan Rp. 8.000 untuk anak-anak.

Memerlukan waktu 2-3 jam untuk sampai ke pelabuhan Lampung.

4. Bus Damri

Anda bisa menggunakan jalur darat yaitu dengan menaiki bus damri. Keberangkatannya dimulai dari Stasiun Gambir dan berakhir di Stasiun Tanjung Karang Lampung. Anda bisa menggunakan ekonomi, royal atau bisnis. Tentunya harganya sangat bervariasi tergantung jenis yang Anda pilih.

Begitu juga dengan waktu tempuhnya, bergantung pada macet atau tidak. Sekitar 4 hingga 7 jam. Rute yang akan Anda lewati adalah Jakarta, Merak, Bakauheni lalu ke Stasiun Tanjung Karang.

5. Mobil Pribadi

Jika Anda tidak ingin ribet membeli tiket atau ingin menghemat biaya menggunakan mobil pribadi adalah pilihan yang tepat. Untuk rutenya yaitu dari rumah masing-masing, ke pelabuhan Merak an berakhir di Bakauheni.

Anda bisa langsung menuju destinasi tujuan. Untuk biaya dan waktu keberangkatan bisa disesuaikan antara jarak rumah dengan kapal ya.

6. Motor

Tak jarang ada beberapa orang yang memilih untuk naik motor sendiri menuju Bandar Lampung. Tapi pastikan harus safety ya. Anda hanya perlu menuju ke Tanjung Priok dan berakhir di Panjang. Perjalanannya cukup lama, sehingga Anda bisa beristirahat di kapal terlebih dahulu.

7. Ngeteng

Jika Anda ingin berhemat, ke Bandar Lampung via ngeteng (sambung kendaraan) adalah pilihan yang tepat. Dari Jakarta, Anda bisa berangkat dari terminal Kalideres, Pulogadung, Tanjung Priok, Kampung Ramputan atau Kp Rambutan menuju Merak dengan harga Rp. 30.000.

Selanjutnya, Anda naik kapal dengan tarif Rp. 13.000 menuju Bakauheni dan jika ingin ke Kota Bandar Lampung bisa menggunakan bus umum. Untuk tarifnya sangat bervariasi, untuk yang AC sekitar Rp. 30.000. Sedangkan Ekonomi Rp. 23.000 dan travel adalah Rp. 45.000.

Jika ditotal, Anda hanya mengeluarkan Rp. 66.000 untuk ke Bandar Lampung. Sangat murah bukan? Anda bisa langsung mencobanya.

Sekedar tips berwisata, pastikan Anda sudah tau jelas kemana akan pergi. Kemudian carilah stasiun, pelabuhan atau bandara terdekat agar menghemat waktu dan biaya.

Demikian cara ke Bandar Lampung dari Jakarta menggunakan transportasi darat, laut dan udara. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *