oleh oleh khas bengkulu

Macam-Macam Oleh-Oleh Khas Bengkulu

Posted on

Mau niat beli oleh-oleh khas Bengkulu? Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib kamu beli.

Dengan harga yang cukup murah ini, anda bisa bawa untuk semua teman dan sahabat.

Kerajinan Tanah Liat

Kita selama ini banyak mengenal pusat kerajinan ada di Pulau Jawa. Tapi siapa sangka, kalau di Bengkulu ada banyak pengerajin, yang membuat berbagai kerajinan dari bahan tanah liat khas Bengkulu.

Kerajinan ini bentuknya bervariasi. Ada bentuk vas bunga, bentuk gentong atau kendi, bentuk wadah menyerupai ember dan masih banyak lagi.

Kerajinan Kulit Lantung

Kulit Lantung ini sudah terkenal sebagai olanan makanan khas Bengkulu.

Kerajinan ini bermula pada saat masa penjajahan. Kulit lantung adalah kulit dari pohon yang bergetah. Awalnya kulit lantung ini dibuat sebagai bahan pengganti kain pada pakaian.

Menurut kemendikbud, Lantung adalah kerajinan dari kulit kayu yang dibentuk secara tradisional menjadi kain dengan cara dipukul-pukul hingga menjadi pipih.

Setelah itu dijemur sampai kering. Penjemurannya tidak terkena sinar matahari langsung.

Perbedaan pengolahan kulit lantung bagi pria dan wanita. Untuk pria biasanya untuk celana dan baju. Sedangkan untuk wanita bentuk baju dan rok, yang menutupi seluruh badan.

Miniatur Dol

Dol adalah alat musik khas Bengkulu. Alat musik ini berjenis gendang atau perkusi. Dol ini terbuat dari kayu dan kulit hewan biasanya Sapi.

Namun jika untuk souvenir, di pusat oleh-oleh Bengkulu yang dijual adalah miniaturnya. Miniatur Dol ini bisa anda pasang sebagai manik-manik atau gantungan kunci atau gantungan di tas.

Kerajinan kayu

Saat ini kerajinan kayu sedang naik daun. Banyak kerajinan kayu yang saat ini banyak diminati masyarakat. Contohnya seperti kerajinan kayu untuk vas bunga, tempat tisu, tempat makan, lampu meja hias, tatakan gelas, kalender kayu, jam tangan, cermin hias dan masih banyak lagi.

Kerajinan kayu ini dibuat oleh masyarakat Bengkulu. Jadi dengan membeli kerajinan kayu ini bisa membantu warga sekitar untuk membantu perekonomianya.

Kualitas kerajinan kayu ini juga sangat bagus loh. Silahkan kunjungi pusat oleh-oleh di Bengkulu.

Batik Khas Bengkulu

Tidak hanya di jawa yang punya batik, di Bengkulu juga punya batik khas yang bernama Batik Besurek, Batik Kaganga dan Batik Beremis.

Batik memang sudah terkenal jadi kain motif kebanggan Indonesia. Batik Indonesia diwariskan turun temurun oleh nenek moyang kita.

  1. Batik Besurek

Batik Besurek ini pada zaman dulu dikenalkan oleh pedagang batik dari Kesultanan Demak. Batik Besurek ini bermotif tulisan arab gundul. Batik ini sering digunakan saat acara adat Bengkulu.

Batik motif kaigrafi ini sering dipadukan dengan motif bunga raflesia, rembulan dan jenis burung-burungan.

  1. Batik Kaganga

Batik Kaganga merupakan batik yang asli dari tanah Bengkulu. Batik ini bermotif aksara kaganga yang merupakan aksara asli Bengkulu. Batik kaganga ini sangat spesial karena dibuat dengan tulis tangan, bukan menggunakan cetakan. Oleh karena itu, harganya pun terbilang cukup mahal.

Tapi batik ini tentu sangat bagus jika dibuat sebagai oleh-oleh khas Bengkulu.

  1. Batik beremis

Batik Beremis adalah batik yang menjadi paduan Batik Besurek dengan motif burung wallet dan kulit remis.

Batik Bengkulu, sesuai dengan daerahnya yang dikenal dengan Bunga Raflesia Arnoldi, banyak mengadopsi seni batik dari Bunga Raflesia Arnoldi.

Layanan Kami: Travel Bengkulu ke Lampung Terbaik

Kerajinan Bambu Khas Bengkulu

Di Bengkulu memang masyarakatnya kreatif, sehingga bisa menghasilkan produk-produk olahan dari bahan alam, seperti kerajinan bambu.

Kerajinan bambu khas Bengkulu diantaranya ada tutup makanan, tirai, tikar, alat musik, cangkir, tempat tisu, sedotan bamboo dan masih banyak lagi.