Kuliner Khas Lampung
Kuliner Khas Lampung

5 Makanan Khas Lampung yang Wajib Dicoba, Maknyus!

Posted on

Bepergian ke Lampung, atau suatu tempat tentu tak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Begitu juga saat Anda sedang berada di Lampung. Kota yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera ini tidak hanya terkenal akan keindahan alamnya.

Ya, ada banyak makanan khas Lampung dengan cita rasa tinggi yang sayang untuk dilewatkan ketika singgah di sana. Penasaran? Ini dia daftarnya!

1. Tempoyak

Kuliner Khas Lampung
Tempoyak

Anda mungkin sudah sering mendengar nama makanan ini di berbagai acara kuliner Nusantara di TV. Sebagai makanan khas Lampung, tempoyak memang selalu jadi andalan warga lokal maupun wisatawan yang sedang berkunjung ke sana.

Tempoyak dibuat dari proses fermentasi durian. Rasanya asam dan mengeluarkan aroma yang cukup kuat. Kuliner yang satu ini umum disajikan sebagai sambal atau digunakan sebagai bumbu pindang patin tempoyak. Cita rasanya yang maknyus dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Cari oleh-oleh lampung di tempat rekomendasi berikut.

2. Seruit

Kuliner Khas Lampung
Seruit

Seruit adalah makanan khas yang jadi hidangan wajib di berbagai acara keluarga di Lampung, seperti pernikahan, Lebaran, sampai ritual adat dan keagamaan. Seruit dibuat dari ikan bakar yang dimasak dengan sambal mangga atau tempoyak.

Yang membedakan seruit dengan kuliner berbahan ikan bakar lainnya adalah jenis ikan yang digunakan. Masyarakat Lampung umumnya memasak seruit dengan ikan sungai semacam baung, layis, dan balide. Biar makin nikmat, jangan lupa sajikan seruit dengan lalapan seperti daun kemangi, ya!

3. Gulai Taboh

Kuliner Khas Lampung
Gulai Taboh

Masih soal kuliner khas Lampung berbahan dasar ikan. Kali ini ada gulai taboh yang memiliki rasa unik dan lezat. Kuah gulai taboh dibuat dari santan yang dicampur dengan kacang hijau, rebung, kentang, atau ubi-ubian.

Sebagian masyarakat Lampung bahkan memasak gulai taboh dengan tambahan terasi dan daun sirih, lho. Campuran inilah yang membuat rasa gulai makin mantap. Kalau Anda sedang singgah di sana, jangan lupa berburu kuliner yang satu ini, ya!

4. Gabing

Kuliner Khas Lampung
Gabing

Nama kuliner yang satu ini memang seunik rasanya. Gabing adalah makanan berbahan dasar batang pohon kelapa yang masih muda, diiris tipis, lalu direbus dengan campuran berbagai macam rempah.

Gabing bisa disajikan dengan atau tanpa kuah. Biasanya masyarakat Lampung menambahkan daging, jamur, atau bahan pelengkap lain untuk menambah cita rasanya. Slurp!

5. Bekasam

Kuliner Khas Lampung
Bekasam

Kuliner khas Lampung ini dibuat dari rebung (bambu muda) yang diiris tipis, difermentasi dalam wadah tertutup, dicuci bersih dan ditambahkan daging, lalu difermentasi kembali sampai masak, sebelum akhirnya ditiriskan dan diolah dengan bumbu yang menggugah selera. Bekasam kian sulit dijumpai di Lampung karena proses memasaknya yang lama.

Tentu masih banyak makanan khas Lampung yang tak kalah lezat, seperti umbu, engkak, pisro, sambal asam kembang. Nah, bagi Anda yang akan bepergian ke Lampung tapi masih bingung mencari jasa travel terbaik, Green Tranz solusinya.

Green Tranz adalah penyedia jasa travel Jakarta-Lampung dengan layanan yang profesional, eksekutif, dan murah. Dengan armada terbaik, kami siap mengantar Anda dan rombongan sampai ke tujuan tepat waktu. Punya pertanyaan atau reservasi? Klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *